Alat IoT selanjutnya adalah KWH meter, prinsip kerjanya sama seperti kwh meter pada umumnya untuk mengukur arus listrik yang terhubung, tetapi perbedaannya ada pada modifikasi dari alat ini.

kwh meter IoT

Alat ini ditambahkan SSR (Solid State Relay) untuk dapat memutus dan menyambung MCB dan kwh meter yang dapat dikendalikan sesuai kebutuhan nantinya, contoh pada kasus pemilik kost – kostan memasang alat ini untuk mengatur kwh meter ini dari penyewa kostan yang telat membayar tagihan listrik. kemudian akan menyalakan led berkedip dan buzzer sebagai indikator bahwa tagihan listrik sudah jatuh tempo.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan NodeMCU yang dapat mengirim data atau informasi seputar aliran listrik dari sensor KWH meter ini dari beban arus, tegangan, daya, hingga total beban yang digunakan, dan masih banyak lagi informasi yang akan ditampilkan. Semua data ini akan ditampilkan melalui dashboard dalam platform website sebagai visualisasi dari informasi arus tadi agar dapat memudahkan pengguna untuk melihat informasi dari arus listrik tersebut.

Website informasi penggunaan arus listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *